Rabu, 18 Januari 2023

Pemasangan Anchor Pada Balok Beton

Pemasangan Anchor Pada Balok Beton

Balok adalah elemen struktur yang berfungsi menyalurkan beban ke kolom. Balok merupakan bagian dari struktur inti bangunan selain kolom dan pondasi. Sehingga pengecorannya harus dilakukan dengan baik. Tahap pengecoran dimulai sejak tahap persiapan pengerjaan tulangan sampai pada saat perawatan (curing).

Berikut ini adalah fungsi utama balok beton:

  • Menahan beban/gaya tekan pada bangunan.
  • Menutup baja tulangan agar tidak mudah berkarat.
  • Menahan gaya tarik, meskipun hal tersebut kuat terhadap gaya tekan.
  • Mencegah keretakan pada beton agar tidak melebar.

Berbicara mengenai balok pada suatu konstruksi bangunan tidak jarang adanya penambahan fungsi dan perubahan design yang mengharuskan adanya pemasangan anchor maupun penambahan tulangan baru pada balok. Salah satu metode yang dapat dilakukan untuk pemasangan anchor dan penambahan besi rebar (tulangan) pada balok adalah dengan menggunakan metode chemical anchor.

Pemasangan anchor pada balok dapat digunakan untuk penyambungan beton lama ke beton baru, perkuatan struktur, pelebaran dan penambahan balokan serta masih banyak lagi.

Apa itu pemasangan chemical anchor pada balok?

Pemasangan chemical anchor adalah suatu kegiatan instalasi/pemasangan anchor maupun besi tulangan atau yang dikenal dengan besi beton, besi rebar dan besi rangka pada balok dengan menggunakan lem perekat atau disebut juga chemical. Chemical ini berfungsi merekatkan anchor maupun besi tulangan pada balok.

Chemical atau lem beton merupakan pasta perekat yang sangat cocok digunakan untuk metode ini. Pasta perekat atau chemical ini dapat masuk ke lubang hasil pengeboran dan merekatkan anchor maupun besi rebar dengan sangat kuat. Ada beberapa chemical yang dapat digunakan salah satunya adalah chemical produk Hilti varian Chemical Hilti HIT RE 500 V3. Chemical ini telah terbukti efektif untuk pemasangan anchor dan besi tulangan pada balokan maupun kolom. Pengaplikasian yang mudah, kekuatan yang dihasilkan juga sangat kuat.

Chemical Hilti HIT RE 500 V3 ini dapat digunakan pada lubang berbagai diameter serta kedalaman yang bervariasi. bisa digunakan pada jenis beton retak maupun tidak retak, beton basah maupun kering, lebih cepat kering, mudah di aplikasikan dengan menggunakan gun Hilti injector HDM, mampu menahan beban tinggi, hasil tes tarik yang kuat serta masih banyak kelebihan lainnya.

Pemasangan anchor pada balok menggunakan chemical

Pemasangan anchor pada balok biasanya untuk instalasi baseplate dan lainnya. anchor yang ditanamkan pada balok menggunakan chemical dapat menahan beban tarik dan geser secara maksimal. Anchor yang dapat digunakan mulai dari diameter M8, M10, M12, M16, M20, M24 dan seterusnya.

Pemasangan besi tulangan pada balok menggunakan chemical

Pemasangan besi tulangan pada balok menggunakan chemical dilakukan untuk penyambungan beton lama dengan beton baru, pelebaran dan penambahan balokan. Adapun diameter besi rebar yang dapat digunakan adalah besi diameter D8, D10, D12, D13, D16, D19, D22, D25 dan seterusnya.

Metode pemasangan anchor maupun besi rebar (tulangan) pada balok menggunakan chemical adalah sebagai berikut :

  • Pengeboran
  • Pembersihan
  • Injeksi
  • Pengeringan

Pemasangan anchor maupun besi rebar (tulangan) harus mengikuti SOP atau standar operasional prosedur dengan mengikuti K3 yang sesuai dengan pedoman pekerjaan dan juga menggunakan peralatan yang memadai agar hasilnya baik, bagus, presisi dan sesuai dengan keinginan anda. Aplikator Hilti menyediakan jasa pemasangan anchor maupun besi rebar (tulangan) pada balok dengan menggunakan chemical Hilti varian Hilti HIT RE 500 V3, Hilti HIT RE 100 dan Hilti HIT HY 200R. kami menggunakan material, engineering terlatih dengan pengalaman di berbagai macam lapangan dan peralatan canggih serta terbaru sehingga hasil pekerjaan akan sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Sumber daya manusia kami telah berpengalaman lebih dari 5 tahun melakukan pemasangan anchor maupun besi rebar pada balok menggunakan chemical. jadi anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah dapat dipastikan anda akan mendapatkan pelayanan dan hasil terbaik serta harga yang bersahabat.

Untuk informasi pemasangan anchor maupun besi rebar menggunakan chemical dapat menghubungi kami :

Sugi        0812 8812 0573 ==> Klik untuk WhatsApp

Admin    0877 8535 3717 ==> Klik untuk WhatsApp


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kepercayaan anda kepada kami