Minggu, 19 Maret 2023

Cara Pasang Anchor Bolt

Anchor Bolt merupakan baut pengikat yang dirancang untuk menghubungkan elemen struktur dengan pondasi atau beton. Umumnya anchor bolt dibuat menggunakan material baja dengan tingkat kekuatan dan kekerasan yang tinggi karena beban kerja yang tinggi. Anchor bolt berfungsi menahan beban yang ditopangnya dan kemudian disalurkan pada beton, anchor bolt dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan cara pasangnya yaitu anchor bolt cast-in-place dan anchor bolt post installed.

Cast-In-place

Anchor Bolt Cast-In-Place

Anchor cast-in-place adalah angkur atau anchor yang dipasang pada beton dengan cara di cor bersamaan dengan beton. Angkur jenis cor di tempat adalah angkur yang dipasang dan telah didesain pada struktur beton yang akan dicor, sehingga penggunaannya terbatas pada konstruksi baru. Beberapa contoh untuk anchor bolt Cast-In-Place adalah sebagai berikut :

  • Baut Segi Enam dan Ring (Headed Bolt)
  • Baut L (L-Bolt)
  • Baut J (J-Bolt)
  • Stud di las ke baseplate (headed Stud)

Cara pasang anchor bolt cast in place

  • Sediakan anchor bolt yang akan di tanamkan
  • Letakan kepala baut anchor bolt sesuai dengan posisinya pada gambar rancangan anda
  • Lakukan pengelasan untuk menempelkan anchor bolt pada besi rebar/ besi stek rebar
  • Lakukan pengecoran beton

Post Installed

Anchor Bolt Post Installed

Anchor ini disebut juga dengan anchor pasca pasang adalah Jenis baut angkur yang dipasang atau disetting setelah beton mengeras. Jenis angkur pasca pasang dapat diaplikasikan pada konstruksi baru maupun untuk retrofit struktur. Berikut adalah beberapa jenis anchor bolt post installed

  • Chemical anchor / adhesive anchor
  • Undercut Anchors
  • Sleeve Type Anchors
  • Stud Type Anchors
  • Drop-In Type Anchor 

Untuk anchor post installed yang paling sering digunakan saat ini adalah chemical anchor/ adhesive anchor. Chemical anchor merupakan pemasangan baut anchor/ angkur menggunakan bahan kimia perekat atau yang disebut chemical/ adhesive. chemical ini berfungsi untuk merekatkan anchor pada beton sehingga anchor bisa menahan beban yang berat.

Bagaimana cara pasang anchor bolt menggunakan chemical?

Cara pasang anchor bolt menggunakan chemical relatif sederhana, berikut adalah tahapan pemasangan anchor bolt menggunakan chemical :

  • Pengeboran

Tahapan pertama adalah melakukan pengeboran pada beton/bidang yang akan dipasang chemical, pengeboran dilakukan dengan menggunakan mesin bor dan mata bor. Untuk mata bor disesuaikan dengan diameter anchor yang akan dipasang. Biasanya diameter mata bor yang digunakan adalah +2 mm dari diameter anchor, sebagai contoh, untuk pemasangan anchor M16 menggunakan mata bor 18 mm

  • Pembersihan

Setelah melakukan pengeboran maka tahapan selanjutnya adalah melakukan pembersihan pada lubang hasil pengeboran. Pembersihan lubang hasil pengeboran ini dilakukan agar chemical dapat menempel dan merekatkan secara sempurna antara anchor bolt dan bidangnya yaitu beton.

Proses pembersihan ini meliputi penyikatan pada dinding lubang hasil pengeboran dan dilanjutkan dengan peniupan debu menggunakan blower, supaya lubang benar-benar bersih dari debu. Pembersihan ini biasanya dilakukan 3 kali supaya  benar-benar bersih dari debu.

  • Injeksi Chemical

Setelah lubang bersih dari debu maka injeksikan chemical pada lubang dengan takaran 2/3 dari kedalaman lubang. 

  • Pemasangan Anchor

Setelah lubang diisi chemical maka selanjutnya adalah memasukan anchor pada lubang yang telah terisi chemical dengan cara memutar dan di tekan secara perlahan agar seluruh rongga di dalam lubang terisi sempurna dan jika dirasa chemicalnya kurang maka anda bisa menambahkan kembali jika menggunakan chemical berbentuk pasta.

Pemasangan anchor bolt biasanya digunakan pada kolom, balok, dinding beton dan sebagainya dengan tujuan untuk pemasangan rangka baja, WF, H-Beam, Kanopi, Railing, Dudukan mesin dan benda lainnya yang dimaksudkan untuk menahan beban berat.

Jasa Pasang Anchor Bolt Chemical

Anda memiliki kebutuhan pemasangan anchor bolt chemical/ chemical anchor? percayakan pekerjaan pemasangan chemical anchor hanya pada penyedia jasa aplikator chemical anchor yang profesional, terpercaya dan berpengalaman.

Chemical Anchor Bolt
Chemical Anchor Bolt
Jenis Anchor Bolt
Chemical Anchor Bolt

Kami merupakan aplikator chemical anchor yang memiliki pengalaman dalam hal mengerjakan jasa pemasangan anchor bolt menggunakan chemical berbagai diameter untuk berbagai daerah di seluruh Indonesia. Banyak proyek pekerjaan yang sudah kami laksanakan, material dan peralatan yang kami gunakan adalah material dan peralatan berkelas dari Hilti ditunjang dengan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, ahli dan sudah tersertifikasi.

untuk informasi dan pemesanan jasa pemasangan anchor bolt chemical atau chemical anchor berbagai diameter dapat menghubungi kami melalui :

Sugi       0812 8812 0573 ==> Klik untuk WhatsApp

Admin    0877 8535 3717 ==> Klik untuk WhatsApp

Baca juga mengenai Upah Jasa Chemical Anchor

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kepercayaan anda kepada kami