Rabu, 05 Desember 2018

Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor (Angkur) Hilti

Tes Tarik dan Tes Geser (Tensile and Shear Test)

Tes tarik (Pull Out Test) dan Tes Geser (Shear Test) dilakukan untuk mendapatkan data kekuatan kapasitas angkur yang terpasang didalam beton sehubungan dengan aplikasi yang sesuai standar pemasangan.
Setiap Produk chemical angkur selalu memiliki data teknis yang berasal dari approval, dimana approval ini dikeluarkan oleh lembaga international yang telah di akui dalam pengetesan untuk pengambilan data, contohnya produk hilti dilakukan di Deutsches Institut für Bautechnik (DIBt) Berlin.

Pengetesan tersebut dilakukan sesuai dengan kaidah-kaidah tertentu sesuai dengan standar statistika agar dapat dijadikan sebagai data valid.
beberapa kriteria dalam statistika agar mendapatkan data valid :
1. jumlah sampel memenuhi syarat statistika
2. memnuhi kaidah distribusi normal dengan tingkat kepercayaan 95%
3. tingkat kesalahan hanya 5%

Pengetesan (Pull Out dan Shear Test) tersebut dilakukan dengan :
1. Pemasangan chemical angkur yang benar (lihat cara pemasangan yang benar)
2. Mutu beton K250
3. Posisi angkur jauh dari tepi
4. Jarak dari satu angkur ke angkur lainnya tidak ada pengaruh
5. Beton tidak memiliki tulangan

Sebelum dilakukan Pull Out Test kita harus mengetahui terlebih dahulu kapasitas yang di rekomendasikan oleh approval masing-masing produk chemical angkur.
Dalam pengetesan dilapangan biasanya dibutuhkan persetujuan dari pihak manajemen kontruksi atau MK, setelah didapat persetujuan dari MK maka pengambilan sampel cukup 2 s/d 10 tergantung dari jumlah angkur yang ada dilapangan, adapun permintaan dilapangan untuk dilakukan pengetesan hingga terjadi kegagalan, sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan karena akan berakibat harus menanam kembali angkur yang sudah tercabut tadi dengan berpindah titik dari titik semula. jadi tidak perlu hingga tercabut akan tetapi cukup sampai angka yang di rekomendasikan oleh approval masing-masing produk chemical angkur.

Pengetesan Pull Out Test dilakukan hanya untuk menambah keyakinan dari pihak proyek juga sebagai syarat yang di tetapkan dalam spesifikasi teknis dari perencana struktur. untuk angkur yang akan dilakukan tes biasanya dipilih acak oleh pihak MK, pemilik atau orang yang ditunjuk sebagai wakil dari pihak pemilik proyek.


untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami melalui SMS, WhatsApp, Email, Telepon ataupun langsung di dalam kolom komentar di bawah ini.

Sugi (0812 8812 0573) Telepon dan WhatsApp

Admin (0877 8535 3717) WhatsApp Only

2 komentar:

  1. Bagaimana mengkonversi hasil pengukuran tes tarik dalam satuan tons menjadi Newton Meter (Nm)?

    BalasHapus
  2. Kami sebagai aplikator Hilti menerima jasa pemasangan untuk besi rebar dari mulai diameter D8, D10, D12, D13, D16, D19, D22, D25, D28 dst dengan menggunakan chemical Hilti. Selain pemasangan besi rebar kami jga menerima jasa pemasangan untuk anchor dengan diameter M8, M10, M12, M16, M20, M24, M30 dst dengan menggunakan chemical Hilti. untuk memastikan kekuatan besi rebar atau anchor yang dipasang menggunakan chemical Hilti maka dapat dilakukan tes tarik

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai chemical Hilti, anchor Hilti, katalog Hilti, kekuatan beban tes tarik (Pull Out Test) dan jasa pasang anchor dengan menggunakan chemical berbagai macam diameter mulai dari diameter M10, M12, M16, M20, M24, M30 dan seterusnya dapat langsung menghubungi kami

    0812 8812 0573 SUGI
    0877 8535 3717 Admin

    BalasHapus

Terima kasih atas kepercayaan anda kepada kami