Rabu, 17 Mei 2023

Pemasangan Anchor Pada Kolom

Fungsi Kolom

Struktur sebuah bangunan gedung terdiri dari elemen - elemen struktur yang menyatu menjadi satu kesatuan struktur bangunan yang utuh. Pada dasarnya, elemen-elemen struktur pada bangunan gedung yaitu pelat, tangga, balok, kolom dan pondasi.

Kolom adalah batang tekan vertikal dari rangka (frame) struktural yang memikul beban dari balok. Kolom meneruskan beban - beban dari elevasi atas ke elevasi yang lebih bawah hingga akhirnya sampai ke tanah melalui fondasi. Karena kolom merupakan komponen tekan maka keruntuhan pada satu kolom merupakan lokasi kritis yang dapat menyebabkan runtuhnya (collapse) lantai yang bersangkutan dan juga runtuh batas total (ultimate total collapse) seluruh strukturnya.

Fungsi Kolom

Fungsi kolom adalah sebagai penerus beban seluruh bangunan ke pondasi. Bila diumpamakan, kolom itu seperti rangka tubuh manusia yang memastikan sebuah bangunan berdiri. Kolom termasuk struktur utama untuk meneruskan berat bangunan dan beban lain seperti beban hidup (manusia dan barang-barang) serta beban hembusan angin.

Kolom berfungsi sangat penting, agar bangunan tidak mudah roboh. Beban sebuah bangunan dimulai dari atap. Beban atap akan meneruskan beban yang diterimanya ke kolom. Seluruh beban yang diterima kolom didistribusikan ke permukaan tanah di bawahnya.

Metode Pemasangan Anchor Pada Kolom

Dalam suatu konstruksi bangunan tidak jarang adanya penambahan baik dari fungsi, design dan lainnya yang mengharuskan kolom untuk di modifikasi, dipasangi komponen lain seperti pemasangan angkur pada kolom. Pemasangan angkur pada kolom dapat dilakukan dengan menggunakan anchor mechanical maupun anchor chemical.

Pemasangan anchor pada kolom menggunakan anchor mechanical tidak memerlukan komponen lain untuk mengikatnya, anchor mechanical mengadopsi sistem kembang dalam beton di mana Ketika anchor dikencangkan maka bagian dalam yang tertanam pada beton akan mengembang dan mengunci di dalam beton sehingga anchor mechanical dapat menahan beban yang ditopangnya.

Pemasangan anchor pada kolom menggunakan anchor chemical melibatkan media lain untuk mengikat beton dan anchor yaitu chemical. Chemical di sini adalah lem/ perekat yang khusus digunakan untuk mengikat beton dan media lain seperti besi anchor atau besi rebar, sehingga anchor dan besi rebar dapat menahan beban yang berat.

Dalam pembahasan kali ini kita akan berfokus pada pemasangan anchor pada kolom menggunakan chemical. Metode pemasangan anchor pada kolom menggunakan chemical banyak di tempuh pelaku industri karena metode ini di nilai sangat efektif, cepat dan hemat. Pemasangan chemical anchor pada kolom dapat digunakan untuk pemasangan rangka baja, baseplate, WF, H - Beam, Kanopi, Dudukan mesin, UNP dan lainnya.

Kami sebagai aplikator Hilti menyediakan layanan pemasangan anchor pada kolom menggunakan chemical dan produk dari Hilti yang dimana kami selalu menggunakan material chemical terbaik dari Hilti yang memiliki banyak sekali keunggulan. Salah satu produk unggulan dari Hilti yang dapat digunakan untuk pemasangan anchor adalah chemical Hilti HIT RE 500 V3. Chemical atau lem beton Hilti HIT RE 500 V3 ini mengadopsi sistem injeksi, artinya chemical ini diaplikasikan pada beton dengan cara di injeksikan/ disuntikan. Berikut adalah beberapa keunggulan chemical Hilti HIT RE 500 V3:

Chemical Hilti

Highlights

  • Curing Time 50% lebih cepat
  • Sensitivitas yang rendah terhadap lingkungan
  • Peningkatan keamanan pada lubang bor maupun lubang coring
  • Memiliki kekuatan lekatan yang tinggi dalam segala kondisi (+60% dibandingkan dengan HIT RE 500 SD)
  • Dapat dikombinasikan dengan tes di lapangan untuk pengangkuran pada mutu base material yang tidak diketahui.

Keuntungan

  • International code & approval terkini (ETA, ICC-ES dll)
  • Cepat dan desain yang dapat diandalkan dengan software HILTI Profis terbaru
  • Cocok untuk beton cracked dan uncracked
  • Kedalaman lubang yang bervariasi
  • Cocok untuk lubang basah dan pekat

Gambar Pemasangan Anchor Pada Kolom

Pemasangan Anchor Pada Base Plate


Pemasangan Anchor Pada Kolom

Berikut metode pemasangan anchor pada kolom menggunakan chemical:
  1. Pengeboran pada beton dengan menggunakan mesin bor dengan diameter mata bor dan kedalaman pengeboran  sudah disesuaikan dengan standar pemasangan anchor pada chemical atau sesuai kebutuhan
  2. Pembersihan pada lubang hasil pengeboran secara maksimal menggunakan mesin blower dan sikat
  3. Injeksikan chemical pada lubang hasil pengeboran yang telah bersih bebas dari debu, kemudian masukan anchor pada lubang yang telah diinjeksikan 
  4. Pengeringan, tahap ini adalah menunggu chemical kering yang kemudian nantinya dapat dilakukan pembebanan seperti pemasangan baseplate, WF dan lainnya.

Kami melayani jasa pemasangan anchor pada kolom menggunakan chemical Hilti dengan anchor berbagai diameter mulai dari M8, M10, M12, M16, M20, M24 dan seterusnya. Jasa pemasangan yang kami suguhkan adalah jasa pemasangan terbaik dengan tim yang professional, berpengalaman mengerjakan pemasangan anchor pada kolom menggunakan chemical di berbagai wilayah Indonesia. Didukung dengan peralatan pengeboran dari Hilti yang mampu mempersingkat pekerjaan sehingga dapat selesai tepat waktu. Hasil pemasangan yang kuat dan dapat diandalkan.

Pemasangan Anchor Pada Kolom

Untuk informasi kekuatan tes tarik anchor dan pemesanan jasa pemasangan anchor pada kolom menggunakan chemical Hilti HIT RE 500 V3 dapat menghubungi kami melalui :

0812 8812 0573  Sugi     Klik Untuk WhatsApp

0877 8535 3717  Admin  Klik Untuk WhatsApp

Baca juga mengenai Katalog Hilti Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kepercayaan anda kepada kami